Pages

Friday, October 28, 2016

Journey to Dubai (7)

Day 9 - Senin, 17 Oktober 2016

Hari ini mau jalan-jalan ke Abu Dhabi, ibu kota United Arab Emirates ini. Udah 3x aku ke Dubai tapi belum pernah ke Abu Dhabi, jadi pengen liat-liat juga kayak apa kotanya.

Kami berangkat dari apartemen agak siang. Sebelum menuju Abu Dhabi kami mampir dulu di Dubai Outlet Mall. Gak mau belanja sih, cuma pengen tau aja karena kemaren Papanya 2N bilang di Dubai Outlet Mall ini barang-barangnya branded semua tapi harganya lebih murah. Kalo di kita mungkin semacam sisa ekspor gitu ya... Tapi barangnya tetep bagus dan bukan second.

Mall-nya lumayan besar, tapi agak sepi menurutku. Mungkin karena tempatnya di luar kota, dan juga karena hari kerja. Kalo misal ke Dubai dan pengen belanja barang branded dengan harga miring, mall ini bisa jadi alternatif. Lokasinya di Dubai - Al Ain Road, Dubailand.

Baca juga : Trip to Dubai (7)

Di sana kami cuma makan siang dan sholat, setelah itu lanjut perjalanan ke Abu Dhabi. Jarak Dubai ke Abu Dhabi sekitar 123 km, kalo naik mobil pribadi sekitar 2 jam. Sempat mampir di rest area beli minuman dan cemilan, setelah itu lanjut lagi.
Perjalanan terasa agak membosankan karena pemandangan di kiri kanan cuma gurun tandus aja, seperti jazirah Arab yang belum tersentuh teknologi. Kami lewat daerah Jebel Ali. Meskipun begitu, jalan raya di sini dipantau radar semua, jadi jangan sampe melanggar rambu lalu lintas.

Memasuki kota Abu Dhabi, terlihat beberapa bangunan menjulang. Ada yang tampak unik dari kejauhan, gedung berbentuk bulat yang bernama The Coin / Coin Building, tempat Aldar Headquarters.

Kesan pertamaku tentang Abu Dhabi, sepertinya kota ini lebih "tenang" daripada Dubai, lebih tenang, lebih kalem, lebih banyak bangunan-bangunan yang udah tua. Tidak se"gemerlap" Dubai, walaupun kota ini juga termasuk kota yang gemerlap di Middle East. Ini aku bandingin dari jalan-jalan utama di tengah kotanya sih, belum sampai ke pelosok atau daerah tempat wisatanya.

Kami mampir sebentar di apartemen kenalan Papanya 2N untuk nganter oleh-oleh. Setelah itu kami city tour, melihat-lihat sedikit kota Abu Dhabi. Mampir juga di KBRI, cuma photo session karena hari udah cukup sore.

Dari KBRI, kami lanjut ke Sheikh Zayed Grand Mosque, salah satu icon kebanggaan Abu Dhabi. Subhanallah masjid ini memang baguuuss bangeett.... Kami sampai di sana menjelang Maghrib, jadi sempat melihat masjid ini saat masih terang dan saat lampu-lampu sudah dinyalakan.

Masjid ini boleh dikunjungi non muslim, tapi semua pengunjung diwajibkan memakai pakaian yang sopan dan tertutup. Untuk perempuan harus mengenakan baju panjang dan kerudung, untuk laki-laki juga harus mengenakan pakaian panjang, tidak boleh bercelana pendek.

Pintu masuknya juga dibedakan untuk laki-laki dan perempuan. Sebelum masuk ke area masjid, kita harus melewati pemeriksaan x-ray dulu seperti di airport. Nah di pemeriksaan ini, aku ditanya petugas apakah bawa cermin. Aku jawab iya, dan cermin itu tidak boleh dibawa masuk (nggak tau juga apa alasannya). Boleh disimpan di mobil, atau ditaruh di tray di tempat pemeriksaan itu. Karena males mau balik ke parkiran mobil, cerminnya aku tinggal di situ aja.

Masuk ke halaman masjid, sambil mengagumi dan juga foto-foto. Halaman masjid ini juga luaas banget... Banyak pengunjung lain yang datang, baik sebagai turis atau memang mau sholat karena waktu itu udah adzan Maghrib.

Di dalam masjid, ada jalur khusus untuk yang mau tour keliling masjid, biasanya
untuk pengunjung yang datang bersama rombongan.

Kami foto-foto di depan masjid sampai puas, sampai anak-anak merengek minta pulang 😆 Akhirnya photo session kami sudahi, kami jalan keluar dan mampir beli souvenir di toko di sudut pekarangan masjid. Ada cafe juga di sana, kalo haus dan capek bisa mampir minum.

Setelah ngambil cermin yang tadi dititipkan, kami ke parkiran dan bergerak keluar dari area masjid. Hari udah mulai malam. Di perjalanan pulang ke Dubai kami mampir rest area untuk sholat dan makan malam, setelah itu melanjutkan perjalanan. Rute pulang beda dengan rute berangkat. Rute pulang tidak terlalu membosankan karena kami melewati "kota", bukan gurun seperti waktu berangkat tadi.

Well... edisi Abu Dhabi ini cukup menyenangkan (dan melelahkan) walaupun kami hanya mengunjungi beberapa tempat aja. Masih ada Ferrari World, Yas Island, Marina Mall, dan tempat-tempat lain yang belum dikunjungi, insya Allah kalau ada rezeki dan kesempatan bisa datang lagi 😊