Pages

Wednesday, April 23, 2014

Trip to Dubai (4)

DAY 4
SABTU, 5 APRIL 2014

Hari ini rencananya mau ambil mobil suami yang udah beberapa waktu nginep di bengkel karena abis tabrakan. Kami naik metro dan turun di stasiun Abu Bakr Al Shiddiq. Dari sana suami jalan ke bengkel sementara aku dan anak-anak nunggu di stasiun sambil ngemil-ngemil. 
Udah nunggu lumayan lama dan anak-anak mulai gelisah, aku telpon suami. Ternyata mobilnya belum selesai, masih ada yang kurang oke apanya, gitu. Ya udah daripada wasting time, mendingan ditinggal jalan-jalan aja yang gak jauh banget dari bengkel. Setelah rundingan kilat, kami memutuskan hari ini jalan ke creek naik abra, trus ke Museum Dubai.

Al Ghubaiba Station
Dari situ kami naik metro lagi dan turun di Al Ghubaiba Station. Ini stasiun metro yang menurutku paling unik, ada taman bunganya dan bangunannya juga kaya rumah Arab jaman dulu. Lift-nya yang bangunan tinggi seperti menara itu, stasiunnya ada di bawah tanah.
Dari sini kami nyeberang ke Carrefour, beli cemilan dan minuman buat bekal. Dari Carrefour jalan kaki menuju creek, gak terlalu jauh juga.

Creek ini membelah kota Dubai dan Deira. Tahun 1950-an creek ini dikeruk lebih dalem lagi biar bisa dilewati  perahu/kapal yang agak besar. Kalo mau nyeberang nggak cuma lewat creek aja, ada 2 jembatan dan 1 tunnel yang menghubungkan Dubai-Deira. Al Maktoum Bridge (dibangun tahun 1962), Al Garhoud Bridge (1976), dan Al Shindagha Tunnel (1975). Keren yaa tahun 1960-1970an aja Dubai udah bikin terowongan di bawah creek ;-) Dulu waktu ke sini pertama kali, agak heran juga kenapa di kota se-modern Dubai kok masih ada perahu tradisional kaya gitu. Ternyata abra itu memang sengaja dipertahankan sebagai heritage dan tempat wisata juga. Jadi perpaduan modern dan tradisional.

Naik abra ini rasanya lumayan sensasional, hehe... Butuh sedikit nyali terutama buat yang nggak bisa renang seperti saia... ^_^
Nggak ada pengaman sama sekali. Jangan ngarepin ada life vest atau ban renang atau sejenisnya, kita naik dan cuma duduk menyamping gitu aja, menikmati semilir angin dan pemandangan. Bayarnya juga murah banget, cuma 1 dirham per orang.

Sampai di seberang creek (di sisi Deira), kami jalan kaki ke pelabuhan abra lainnya. Memang cuma mau ngerasain naik abra jadi bolak-balik nyeberang, hihi... Setelah nyeberang lagi ke sisi Dubai, kami jalan kaki menuju Dubai Museum. Sebelumnya mampir dulu di masjid yang kami lewati untuk sholat.


Dubai Museum hari ini rame banget, ada rombongan turis dari negara lain juga. Yang namanya turis biar panas-panas juga disempetin narsis dulu hehe... Setelah foto di depan, kami masuk untuk beli tiket. Tiketnya juga murah banget, untuk dewasa 3 dirham dan anak-anak di bawah 5 tahun 1 dirham aja.

 Denah Dubai Museum

Di halaman luar Dubai Museum

Dubai Museum ini terbagi jadi 2 bagian, outdoor (kanan) dan indoor (kiri). Di bagian outdoor ada perahu-perahu, rumah-rumah, dan peralatan jaman dulu. Di bagian indoor-nya yang bagus banget sekaligus serem, hehe... Tempatnya di bawah tanah. Masuk ke sana jalannya bentuk spiral menurun ke bawah gitu, sampe di bawah suasananya remang-remang.
Begitu masuk, ada layar besar yang menayangkan video perkembangan Dubai dari tahun 1950-an sampai 2000an. Setelah itu masuk ke ruangan lain, tempat diorama-diorama yang menggambarkan souq (pasar) dan kegiatan ekonomi Dubai jaman tahun 1950-an. Diorama ini semua persis banget aslinya.

Nongkrong sambil ngopi-ngopi dan ngisep shisha


Bikin perhiasan

Aslinya takut sama kakek ini, takut kalo bisa ngomong... ;-D

Setelah diorama-diorama yang menggambarkan kegiatan ekonomi dan kehidupan masyarakat tradisional, masuk ke ruangan lain tempat hewan-hewan padang pasir. Lanjut ke ruangan lainnya tentang suku Bedouin, pakaian tradisional dan asesorisnya. Dari situ, masuk ke ruangan yang di-setting seperti bawah laut. Ceritanya ini kehidupan maritim Dubai jaman dulu.


Itu nelayan Arab jaman dulu nyari ikan dan mutiara. Caranya kakinya diiket tali, trus nyelam ke bawah laut, idungnya dijepit pake alat kaya jepitan jemuran gitu. Oooh pantes orang Arab mancung ya, idungnya dijepit terus soalnya, hihihi... ;-D

Dhow building


  
Ceritanya mau beli ikan ;-)

Dari ruangan a la bawah laut ini, lanjut masuk ke ruangan selanjutnya tentang situs arkeologi.

Mumi
Area tentang arkeologi ini yang terakhir di bagian bawah tanah. Setelah itu kita bisa keluar dan langsung disambut sama toko suvenir yang isinya lucuk-lucuk... ^_^


FYI kalo misal berkesempatan jalan-jalan ke Dubai, suvenir di tempat wisata termasuk di Dubai Museum ini bisa dibilang agak mahal. Biasa yaa... Di semua tempat wisata memang begitu. Kalo dari barang-barangnya sih menurutku bagus-bagus, lumayan lengkap juga. Nah kalo mau cari suvenir yang harganya miring, ada beberapa toko yang bisa jadi pilihan, di antaranya Beauty Night (ini gak jauh juga dari Dubai Museum), dan Gift Village di deket Baniyas Square kalo gak salah.


Naah selesai, keluar dari Dubai Museum, nyempetin foto lagi di luar ;-)
Dari sini kami nyegat taksi, balik ke Al Ghubaiba Station. Dari situ naik metro lagi mau ambil mobil.

Akhirnyaa... Mobil selesai juga dan bisa diambil. Sekarang bisa lebih fleksibel karena pake mobil sendiri, walopun naik metro juga menyenangkan sih ;-)
Setelah ambil mobil, kami menuju ke Al Baraha, apartemen suami, mau ambil cucian baju. Di sini mas bojo tinggal bertiga dengan temennya, that's why aku nggak bisa nginep di sini ;-D
Di Al Baraha udah mulai sore, perut juga udah keroncongan banget. Rundingan dulu enaknya makan di mana malem ini. Kalo fast food lagi udah bosen, karena dari kemaren kan udah makan fast food terus. Akhirnya suami ngasih ide makan di restoran masakan Indonesia di daerah Al Karama. Waah good idea ! ;-)

Dari Al Baraha kami meluncur menuju Al Karama, hari udah semakin gelap. Anak-anak juga udah mulai ngantuk dan capek. Sampe juga di restorannya, Wok It namanya. Dari luar keliatan resto ini rada fancy. Pas masuk ke dalem, ada serombongan orang Indonesia yang sepertinya pulang umroh. Bisa tau karena liat wajah-wajahnya dan gak sengaja denger pembicaraannya, bahasanya aku kenal banget ;-D

Kami ngambil tempat duduk di pojokan. Dikasih buku daftar menu sama waitress-nya. Menunya ada masakan Indonesia kaya rendang, sate, siomay, batagor, mie ayam, pempek, gado-gado, martabak manis dan martabak telor. Trus ada juga tempura, laksa, tom yum, dan masakan-masakan Melayu lainnya. Sesuai dengan tagline-nya... Far Eastern Flavours : Indonesian, Malaysian, Chinese, Thai, Singaporean, Japanese.
Dan enaknya di Dubai itu mau makan apa aja insya Allah HALAL. Nggak ada pork di sini, kalo pun ada juga nggak sembarangan bisa disajikan di resto.

Setelah membolak-balik buku menu, akhirnya aku pesen BakMie Ayam, suami pesen nasi lemak sama martabak telor, anak-anak minta batagor dan siomay. Wuiih kelaperan semua, wkwkwk.... Begitu pesenan dateng, sempetin difoto-foto dulu (waitress-nya udah maklum kali yaa kalo tamunya orang Indonesia pasti sebelum makan difotoin dulu makanannya, xixixixi...) baru deh diserbu, kalap ;-D


Menurutku yang kami pesen enak semua, suami juga bilang nasi lemaknya enak. Citarasanya juga Indonesia banget. Duluu pernah beli bakso di resto Melayu, rasanya jauh deh sama bakso di Indonesia. Kalo yang di Wok It ini nyaris sama persis, puaas dan kenyaang banget... ;-)
Karena anak-anak udah ngantuk banget, jadi cuma mau makan beberapa suap aja dan setelah itu langsung pada merem di kursinya masing-masing, hihi... Akhirnya minta dibungkusin lagi sisanya, karena mau diabisin di situ juga gak kuat.
Abis makan, kami langsung meluncur pulang karena semuanya juga udah capek banget. Sampe rumah langsung mandi, sholat, dan tepaar... ;-D
Petualangan hari ini menyenangkan sekali ^_^

*to be continued*

No comments:

Post a Comment