Pages

Monday, April 25, 2016

Berburu Tas Kulit di Beringharjo

Merasa sebagai mukimin Yogyakarta, atau setidaknya merasa bahwa ini "daerah sendiri", jadi membuat saya jarang banget menjelajah pasar Beringharjo yang legend itu.

Sementara kalo keluarga besar saya dari luar kota datang, mereka selalu menyempatkan pergi ke sana, dan pulang dengan barang-barang lucuk bin unik. Grup WA langsung heboh kalau ada yang posting hasil belanjaan dari mBering. Yang lagi ngeheitz di keluarga adalah tas kulit dan tas batik. Dari harga murah muriah, sampai yang agak mahal. Rata-rata tas kulit di bawah 1 juta, ada yang di bawah 500 ribu.

Akhir pekan lalu kebetulan ada celah waktu dan bisa diisi untuk menjelajah Beringharjo. Berangkatlah saya ke sana ditemani kakak saya yang sudah kesekian kalinya jadi mBering tour guide, sekalian melihat penampilan baru Malioboro yang sudah berubah.

Di Beringharjo ada cukup banyak kios yang menjual tas kulit, tas batik, tas rajut, dan tas kerajinan lainnya. Untuk tas kulit bisa juga kita dapatkan di daerah Manding (Bantul), di sana ada sentra pengrajin kulit. Tapi untuk saya pribadi, dari segi lokasi Beringharjo lebih terjangkau.

Sampai di Beringharjo, kami langsung naik menuju kios langganan keluarga saya. Sebelum melihat-lihat lebih detail, saya menyempatkan untuk melihat-lihat kios lainnya yang juga menjual aneka tas kulit. Duh, memang harus kuat-kuat menahan diri, hehe...


Tas kulit dengan kualitas bagus harga miring

Jatuh cinta pada pandangan pertama sama tas kulit ini dan langsung bungkuuuss....
Batiknya langsung dilukis di atas kulitnya. Cantik, ya ?

Dijamin bingung deh milihnya, hehe...

Tas kain batik yang murah meriah

Nah, gimana...Produksi lokal nggak kalah dengan tas branded, kan...?
Untuk yang ada di Jogja, atau berencana pergi ke Jogja, sempatin deh untuk melihat langsung tas-tas cantik ini di Beringharjo. Pakai baju dan sepatu yang nyaman, sling bag, dan kalau bisa datang pagi hari biar nggak terlalu sumpek.

Selamat cuci mata dan nggak jamin yaa bisa keluar dari Beringharjo dengan tangan hampa ;-)

No comments:

Post a Comment