Pages

Wednesday, January 15, 2014

Hmmm... Smells Good...

Suka pake parfum atau wewangian...?

Merhatiin nggak kalo aroma parfum pas pertama dipake dan setelah beberapa jam itu beda...? Itu memang karena parfum ada tingkatan aromanya. Emang seperti apa sih tingkatan aroma parfum?

Aroma parfum (fragrance notes) sering digambarkan dengan 3 buah note (tangga nada) harmonis yng berkomposisi membentuk karakter parfum itu sendiri. Ketiga note ini dibedakan berdasar pada tingkat penguapannya, mulai dari top note sampai ke base note:

TOP NOTE (5-30 menit dari awal pemakaian)

Aroma ini biasanya yang paling kuat dari karakter sebuah parfum, terdiri atas molekul-molekul yang kecil, ringan, dan paling pertama menguap. Kesan pertama sebuah parfum didapat dari note ini.

MIDDLE NOTE (3-4 jam dari waktu aplikasi) 

Ini merupakan aroma yg muncul setelah top note menguap. Note ini merupakan “jantung” ato bagian utama dari sebuah parfum, dan juga bertindak sebagai “topeng” dari aroma awal base note yg sering kali unpleasant (karena seiring dengan penguapannya, base note menjadi lebih enak aromanya.

BASE NOTE 

Aroma ini pertama kali muncul pada akhir-akhir dari middle note menguap. Nah saat itu merupakan saat paling seksi dari sebuah parfum karena main theme dari sebuah parfum ada pada waktu ini. Aroma base note ini biasanya rich dan deep, baru muncul minimal 30 menit dari waktu aplikasi (karena itu sangat disarankan kalau mau memilih parfum, minimal setelah dicobakan 30 menit dikulit kita, biar aroma yg dibeli bener-bener sesuai dengan kepribadian si pemakai)

Kalo untuk parfum Oriflame, di katalog selalu dicantumkan tingkatan aroma setiap parfumnya sebagai gambaran. Tapi memang paling enak kalo coba langsung parfumnya ya...
List parfum Oriflame bisa dilihat di sini


Sumber
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=847416641941529&set=a.224975900852276.76652.136016563081544&type=1

1 comment: