Pages

Tuesday, September 20, 2016

Operasi Hordeolum

Kali ini mau nulis tentang pengalaman anakku ya...

Jadii ceritanya si Naura itu ada hordeolum, atau basa Jawanya timbilen, di kelopak mata kirinya. Mulai ada tonjolan sekitar sebulan yang lalu, trus akhirnya aku bawa ke dokter mata di RSM Yap Yogyakarta. Dikasih resep salep mata. Setelah beberapa hari gak ada perbaikan, malah tambah besar, jd aku konsultasi ke dokternya lagi, dan disarankan untuk diambil aja timbilnya. Beliau jg mengarahkan ke dokter yg biasa nanganin timbilen spt itu.

Kamis tgl 8 Sept periksa, dikasih resep tetes mata 2 macam. Di rumah juga dikompres pake air hangat.
Tanggal 10-11 Sept aku ke Jakarta, kata eyangnya matanya Naura tambah besar dan kadang ngeluh cenut cenut.
Pulang dari Jakarta libur Idul Adha, dan kebetulan dokternya praktek di Yap hari Rabu dan Kamis aja, jd Rabu tgl 14 Sept baru bisa periksa lagi.
Kondisi matanya Naura udah makin besar dan "mateng" timbilnya, kaya bisul mau pecah gitu.
Akhirnya dokternya memutuskan untuk operasi aja, karena dikasih obat juga tetep tambah besar. Dan karena masih anak kecil, biar operasinya lancar dan tidak menimbulkan pengalaman traumatis, maka harus dibius total.

Jujur rada shock juga denger harus dibius total, krn dokter yg pertama sempet bilang kalo diambil gak perlu opname, paling cuma sehari aja dan bius lokal.
Tapi dokter yg kedua lebih mempertimbangkan resiko psikisnya tadi, daripada berontak pas operasi dan jd trauma, lebih baik dibius total.
Iya juga sih yaa... kita yg dewasa aja ngeri juga kalo ngeliat mata mau diapa-apain.

Jadwal operasinya Jumat 16 Sept. Karena mau bius total jadi hr Kamis 15 Sept udah masuk RS untuk check up semua. Nah yang mungkin banyak orang belum tau, kalo mau operasi (apalagi yg bius total) itu perlu persiapan dan check up segala macem. Jadi nggak bisa kita dateng ke RS trus langsung masuk ruang operasi dan digarap. Cek suhu badan, tekanan darah, dan tanda-tanda vital lain. Juga röntgen thorax kalo Naura kmrn. Dokter anestesinya juga nanyain semua riwayat kesehatannya, ada alergi obat atau tidak, dll.

Baca juga : Merawat Bayi Prematur

Operasinya dijadwalkan Jumat dan 2 siang. Mulai jam 8 paginya (-6 jam) Naura udah harus puasa. Kenapa harus puasa ? Karena dibius itu ada efek samping mual, muntah. Kalo misal sampe muntah dan masuk paru-paru, bisa bahaya juga.
Menjelang jam 2 mulai persiapan operasinya, saia semakin senewen dan udah gak doyan makan sejak kemaren. Laper siih... tapi aseliik gak bernapsu makan. Masih nunggu giliran ruang operasinya juga, tambah senewen jadinya...

Sekitar jam 14.45 dijemput perawat trus dibawa ke ruang operasi. Sampe sana ternyata masih harus nunggu lagi. Akhirnya jam 15.30 Naura dipanggil masuk, aku tetap nunggu di ruang transit td.
Jam 16.00 operasinya selesai, Naura dibawa ke ruang lain untuk memantau sampai sadar. Sekitar 40 menit kemudian udah dibawa masuk ke kamar lagi.

Alhamdulillah operasinya lancar, Naura jg kooperatif banget, gak nangis dan bisa tenang sebelum operasinya. Kondisi post op juga baik, jadi sekarang tinggal merawat bekas insisinya aja.

Untuk menghindari timbilen kata dokternya sih gak ada pantangan makan, cuma kalo ada tanda-tanda mau timbilen lagi harus sering-sering dikompres kelopak matanya pake air hangat, jangan dikucek-kucek karena bisa memperparah.
Kalo orang dewasa timbilen mungkin penanganannya lebih ringan ya, tapi kalo anak-anak yaa seperti Naura ini. Jangan sampe timbilen lagi deh yaa....

Request si bocah gak mau dipublish foto-fotonya, jadi yaa cerita aja buat sharing, mungkin ada yg mengalami hal serupa, atau belum pernah jadi bisa antisipasi sebelumnya 😊

Oh ya, ruangan operasi itu dingiiiin bangeett, aku tanya ke perawat memang dikondisikan seperti itu karena ada peralatan/obat-obatan yang harus dalam kondisi dingin. Karena kedinginan, Naura ngompol pas lagi dioperasi. Padahal sebelum operasi dia udah pipis.
Jadi kalo misal mau operasi, bila keadaan memungkinkan (bukan operasi di bagian tubuh), pakein pampers/pospak deh... In case kedinginan dan ngompol bisa tertampung di pospaknya.

No comments:

Post a Comment